ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN KONSEP DASAR AKUNTANSI

Authors

  • Sovi Ismawati Rahayu Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jpaksi.v1i1.966

Keywords:

Kecerdasan intelektual, Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Latar Belakang Sekolah, Stress Kuliah, Pemahaman Konsep Dasar Akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, perilaku belajar, latar belakang sekolah menengah,  melalui stress kuliah berpengaruh terhadap tingkat pemahaman konsep dasar akuntansi. Sampel dari penelitian tersebut adalah mahasiswa Progam Studi Akuntansi Universitas YARSI Jakarta Pusat. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling berupa purposive sampling dan didapat sampel sejumlah 57 responden. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer dengan menyebarkan kuesioner untuk memperoleh data kecerdasan emosional, perilaku belajar, latar belakang sekolah dan stress kuliah.  Data sekunder yaitu nilai mata kuliah pengantar akuntansi dan skor tes IQ. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan metode analisis jalur.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, perilaku belajar, latar belakang sekolah menengah,  melalui stress kuliah berpengaruh terhadap tingkat pemahaman konsep dasar akuntansi.

References

Anekawati, Anis, 2012, Penggunaan Analisis SEM Second Order Dalam Mengidentifikasi Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Intelektual Terhadap Prestasi Belajar, Jurnal Statistika Volume 4 Desember 2012.

Azwar, S. 2004. Pengantar Psikologi Inteligensi. Cetakan Keempat. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Damayanti, Titien, 2010, Pengaruh Pendidikan Tinggi Akuntansi Terhadap Kecerdasan Emosional dengan On The Job training sebagai Variabel Moderating, SNA XIII, Purwokerto.

Fudyartanta, K. 2004. Tes Bakat dan Perskalaan Kecerdasan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Ghozali, Imam (2005). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Edisi 3, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Goleman, D. 2005. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Cetakan Keenam. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Diterjemahkan oleh Alex Tri Kuntjahyo Widodo dari Working with Emotional Intelligence, 1999.

Goleman, Daniel (2000). Working With Emotional Intelligence. (Terjemahan Alex Tri Kantjono W). Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Handoko, T. Hani (2000), Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Edisi 2, BPFE, Yogyakarta.

Hanifah, Syukriy Abdullah (2001), Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi, Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi, Volume 1, No. 3, 63-86.

Hariyoga, Septian, dkk, 2011, Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Budaya terhadap tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi, SNA XIV, Aceh.

Indah Trisniwati dkk,. 2003. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akutansi. Simposium Nasional Akuntansi VII. Denpasar,Bali.

Kerlinger, Fred. N. 2004. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta

Marita dkk,.2008. Kajian Empiris atas Perilaku Belajar dan Kecerdasaan Emosional dalam mempengaruhi Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi. Paper SNA XI. Pontianak.

Melandy, Rissyo, dkk, 2007, Sinkronisasi Komponen Kecerdasan Emosional dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dalam Sistem Pendidikan Tinggi Akuntansi, SNA X, Makassar.

Muhammad Sar`i, dkk, 2010, Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep dasar Akuntansi, SNA XIII, Purwokwerto.

Munawir, 2004, Analisa Laporan Keuangan, Penerbit liberty, Yogyakarta.

Santoso, S. 2003. Buku Latihan SPSS Statistik Non Parametrik. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sekaran, U. 2003. Research Methods for Business: A Skill Building Approach. Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc., New York.

Suryaningrum, Sri, Sucahyo Heriningsih, Afifah Afuwah. 2004. Pengaruh Pendidikan Tinggi Akuntansi Terhadap Kecerdasan Emosional. Simposium Nasional akuntansi VII ,Denpasar..

Suwardjono (1991), Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi, Jurnal Akuntansi, edisi Maret, Yogyakarta: STIE YKPN.

Tikollah dkk,. 2006. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi . Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2003, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pystaka, Departemen Pendidikan Nasional, Cetakan Ketiga, Jakarta.

Trisnawati, Eka Indah dan Sri Suryaningrum. 2003. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. SNA VI. Surabaya.

Widanimgrum, Nieke H, dkk, 2010, Pengaruh Ketersediaan sarana Pendidikan dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman IFRS dengan Minat sebagai Variabel Moderating di Fakultas Ekonomi UNSOED, SNA XIII, Purwokerto.

Yulianti (2002), Kecerdasan Emosional dan Stres Kerja, Tesis. Pascasarjana. MM UGM.

Downloads

Published

2019-08-24

How to Cite

Rahayu, S. I. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN KONSEP DASAR AKUNTANSI. Jurnal Pajak, Akuntansi, Sistem Informasi, Dan Auditing (PAKSI), 1(1), 40–57. https://doi.org/10.33476/jpaksi.v1i1.966

Issue

Section

Articles